Powered by Blogger.

Acara Pesta Ulang Tahun

Posted by Acara

Acara Pesta Ulang Tahun

Acara Ulang Tahun atau Pesta Ulang Tahun yang harus dipersiapkan agar acara ulang tahun jadi lebih berkesan dan meriah. Sebenarnya nggak susah kok, silahkan simak apa saja yang perlu diperhatikan agar pestanya asik, seru dan menarik.

Contoh Teks Pembawa Acara Ulang Tahun Anak-Anak:

Hai adik-adik gimana kabar kalian sekarang? Senang apa tidak datang ke acara ulang tahun ini? Senang ya.. pasti seru kok. Tau gak acara apa saja yang akan kita lalui bersama? Saya bacakan ya?
  1. Pembukaan
  2. Permainan
  3. Pemotongan kue
  4. Penutup
Nah itu tadi acara yang akan kita lalui. Oh iya, kita belum kenalan ya. Nama saya ..........................  adik-adik. Salam kenal ya. Langsung saja yuk ke acara pertama yaitu pembukaan. Kita buka acara pada pagi,siang,sore,malam ini dengan doa, marilah kita berdoa dengan keyakinan masing-masing. Berdoa mulai! Selesai.
Mau gak kita bermain? Ini kakak sudah punya banyak permainan untuk kalian. Langsung saja yuk kita mulai bermain.
Contoh Susunan Acara Pesta Ulang Tahun Apabila dirayakan secara sederhana:
  1. Pembukaan (Ibu atau MC)
  2. Permainan atau games buat anak
  3. Tiup lilin dan potong kue, ( ini sekaligus menyanyikan lagu tiup lilin dan lagu potong kue serta berdo’a bagi anak sebelum lilin ditiup).
  4. Makan-makan dan hiburan
  5. Penutup sekaligus do’a dan dilanjutkan acara foto-foto bersama, salam-salaman dan juga pembagian souvenir
Contoh Susunan Acara Pesta Ulang Tahun Apabila dirayakan secara cukup mewah:
  • Pembukaan oleh MC 
  • Permainan dari badut
  • Sambutan dari orang tua
  • Game buat anak
  • Tiup lilin sekaligus potong kue
  • Istirahat sambil menikmati kue serta makanan yang disediakan (sekaligus hiburan)
  • Do’a
  • Penutup dilanjutkan bersalam-salaman dan bila perlu foto-foto serta pembagian bingkisan atau souvenir.
Apa saja yang harus dipersiapkan untuk Acara Ulang Tahun:
  • Kapan waktu yang tepat? Waktu yang tepat untuk acara ulang tahun balita adalah sesuai jam tidurnya. Bila pola balita tidur di siang hari, peseta sebaiknya diadakan sore hari, begitu pula sebaliknya. Pilih hari di akhir pekan karena para tamu kemungkinan besar bisa datang. 
  • Berapa lama? Usahakan kurang dari dua jam. Anda tentu ingin balita tetap ceria dan bersemangat saat difoto atau ketika ia bertemu teman-temannya, bukan? Lebih lama dari wkatu itu, balita lelah hingga rewel.
  • Berapa jumlah tamu? Balita usia ini kerap tak nyaman bertemu banyak orang yang tidak dikenalnya. Sangat bijaksana jika Anda hanya mengundang orang-orang yang cukup dekat dengan balita. Pastikan cukup ruang untuk menampung para tamu. Terlebih jika merek amengajak balita dan pengasuh. Ruangan sempit dan tamu berdesakan membuat suasana lebih sulit dikendalikan dan memunculkan rasa tidak nyaman pada anak dan tamu-tamu kecilnya. 
  • Apa yang Anda sajikan? Tak harus makanan besar. Boleh saja berupa camilan, termasuk finger food yang cocok untuk bayi. sebaiknya hindari memilih sajian yang besar kemungkinan menyebabkan balita alergi, seperti makanan laut. Atau, camilan yang berbahaya bagi anak karena bisa membuatnya tersedak, seperti kacang atau permen.
  • Indoor atau outdoor? Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Jika pilih outdoor, Anda musti siap jika di tengah acara tiba-tiba hujan. Perhatikan keamanan sekeliling karena ada banyak anak yang bisa berkeliaran dan lepas dari pengawasan orang dewasa. 
  • Tema acara? Terserah Anda. Bisa terinspirasi tokoh film seperti Winni the pooh atau Barney atau tema laut, piknik, warna dan sebagainya. Hati-hati jika mendatangkan karakter sesuai tema, seperti Barney atau badut, karena anak usia ini umumnya takut dengan karakter jadi-jadian seperti itu.
  • Perlu kostum? Melihat balita memakai kostum beruang memang lucu, apalagi jika mengambil tema Winnie the Pooh, tapi Anda harus memperhatikan kenyamanan anak karena dapat mempengaruhi mood-nya. Bila tempat acara cukup panas, sebaiknya pakaikan dia baju-baju dari bahan katun. Jika busana tetap ingin disesuaikan dengan tema, cukup pilihkan atau t-shirt bergambar Winni the Pooh. 
  • Apa isi goodie bag? Pilih antara barang, makanan atau kombinasi keduanya. Sebaiknya pilih makanan yang cocok untuk anak segala usia, seperti biskuit. Jika goodie bag berisi barang-barang seperti mainan, sebaiknya pilih yang netral, bisa digunakan anak perempuan atau laki-laki, dan tidak membehayakan si penerima.
Untuk mewujudkan Pesta Ulang Tahun yang meriah dan keren, Anda perlu mempersiapkan dan menciptakan berbagai aktivitas menarik sebagai pengisi Acara Pesta Ulang Tahun

  • Bermain pasir. Main pasir? Waah, senang sekali! Permainan ini bisa dimainkan oleh kurang dari lima anak. Tujuannya untuk mengakrabkan anak sambil menunggu tamu lain tiba. Sediakan pasir yang biasa dimainkan anak dan beberapa wadah seperti gelas plastik warna-warni. Mintalah tamu-tamu anak Anda berkumpul dan bermain pasir bersama. Lewat permainan ini, anak-anak lebih mudah saling kenal. 
  • Menggambar di giant card. Sediakan kertas karton berukuran 120 cm x 200 cm, serta krayon. Tempelkan kertas karton yang di atasnya tertera ucapan “Selamat Ulang Tahun” untuk anak Anda di salah satu bagian dinding rumah yang bisa dijangkau anak-anak. Ketika tamu-tamu anak berdatangan, mintalah mereka menggambar apa saja di kertas raksasa itu. Setelah tercipta gambar, mintalah mereka menuliskan nama di dekat gambar yang dibuat. Kemudian, buatlah foto close up gambar tersebut, beri bingkai dan lantas gabungkan dengan foto keluarga Anda. 
  • Berebut kursi. Sediakan kursi kecil sebanyak jumlah anak yang ingin ikut permainan ini. Atur kursi dalam bentuk lingkaran. Minta anak-anak berdiri di depan kursi. Lantas, ajak anak-anak berjalan berputar seiring bunyi lagu yang diperdengarkan. Ketika musik berhenti, serukan agar anak-anak duduk di kursi yang tersedia. Kurangi satu kursi, kemudian minta anak kembali berjalan berputar di depan kursi. Matikan lagu, perintahkan anak untuk duduk kembali di kursi yang bisa ia duduki. Bagi anak yang tidak mendapat kursi, minta ia duduk berdua teman yang mendapat kursi. Lakukan ini sampai jumlah kursi tersisa sejumlah tertentu yang membuat anak-anak duduk berdua-dua dalam satu kursi. Dengan permainan ini, anak belajar bersosialisasi sekaligus belajar berhitung, tanpa merasa tereliminasi karena tidak kebagian kursi. 
  • Meniru binatang. Kumpulkan anak-anak untuk duduk melingkar di atas tikar atau halaman rumput. Anda berdiri di tengah lingkaran dan memberi contoh gerakan ayam dan bebek. Bila Anda menyebut kata "ayam", anak-anak harus meniru gerak dan bunyi ayam jago. "Kepak- kepak kukuruyuk kukuruyuk!". Begitupun ketika Anda mengatakan bebek, anak-anak meniru gerak dan bunyi bebek. Kumpulkan beberapa anak yang keliru meniru gerak binatang yang disebutkan. Tanpa bermaksud menghukum, mintalah mereka meniru gerak binatang yang mereka sukai. Mintalah anak-anak lain menebak binatang yang mereka peragakan. 
  • Tiup-tiup bubble. Bagikan balon sabun untuk ditiupi anak-anak bersama-sama. Pusat perhatian dari kegiatan ini bukan pada besarnya balon yang dapat mereka tiup, tetapi memecahkan balon besar yang mereka buat. Permainan ini mengandalkan koordinasi seluruh tubuh. 
  • Ini dia si magic balloon. Menebak bentuk balon merupakan permainan menyenangkan. Kemampuan mengimajinasi bentuk binatang, diperlukan dalam permainan ini. Mintalah anak menebak bentuk balon saat balon mulai ditiupkan. Anak yang dapat menebak dengan tepat berhak mendapatkan hadiah balon yang berhasil ditebaknya. Bagi anak-anak yang tidak berhasil menebak, Anda tetap bisa memberikan hadiah balon di akhir permainan.

Related Post



Post a Comment